Ketahuilah Manfaat 2 Buah Ini Untuk Obat

pixabay

Mengkudu ini masuk dalam jenis kopi-kopian. Pada dataran rendah hingga dataran tinggi sekitar 1500 meter buah mengkudu ini bisa tumbuh. Mengkudu berasal asli dari Indonesia. 

Batangnya tidak besar dan pohon tingginya sekitar 3 meter sampai 8 meter. Daun menjulang saling berhadap-hadapan. Panjang daunnya sekitar 20 cm sampai dengan 40 cm serta lebarnya 7 hingga 15 cm.

Bunga memiliki bentuk layaknya bongkol kecil dan warna putih. Buah mengkudu berwarna hijau muda yang cerah dan bulat longjong serta berbintik. Daging buah menyatu dengan biji kecil dan berjumlah banyak.

Buah ini biasanya berkembang biak dengan sendirinya bisa di hutan dan ada juga yang menanamnya. Mengkudu kerap kali dijadikan sebuah obat atau herbal. Ketika matang buah mengeluarkan bau tidak sedap. 

Selain itu, khasiat buah ini yang banyak diminati  karena mengandung metil asetil, sorandiyol, asam kapril, morinda diol, morindin, morindone dan damnachanthal. 

Manfaat Buah Mengkudu

pixabay
1. Demam

Buah ini bisa menjadi obat alami saat demam. Silahkan rebus 1 rimpang kencur dan 1 mengkudu. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Pastikan air hanya tersisa 1 gelas, setelah itu saring airnya. Dapat diminum pagi dan sore 2 kali sehari.

2. Batuk

Siapkan mengkudu 1 serta ½ genggam bujanggut. Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan sisakan 1 gelas. Saringlah serta minum pagi dan sore 2 kali dalam sehari.

3. Hipertensi

Ambil mengkudu 2 buah masak pohon serta 1 sendok makan madu. Peras mengkudu dan ambil airnya. Campurkanlah dengan madu hingga merata dan saring. Minumlah dalam 2 kali sehari.

4. Sisik di Kaki

Buat anda yang memiliki sisik pada kaki. Silahkan lakukan hal ini. Siapkan buah mengkudu yang masak pohon. Gosok bagian bersisik dengan mengkudu matang hingga merata. Diamkan 5 sampai 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

5. Perut sakit

Sakit perut dapat diobati dengan mengkudu. Siapkan 2 hingga 3 helai daun mengkudu. Tumbuk sampai halus, beri garam dan seduh dengan air panas. 

6. Penyakit kuning

Jika anda memiliki sakit kuning, cobalah berobat dengan buah mengkudu. Siapkanlah 2 mengkudu masak pohon dengan gula batu 1 potong. Ambil air mengkudu dengan memerasnya. Lalu campur dengan gula batu dan saring. Ulangi minum dalam 2 hari sekali.

Selain buah mengkudu yang biasa dijadikan obat, ada juga buah kelapa yang bisa menjadi obat. Buah kelapa mengandung banyak vitamin, nutrisi dan mineral. Daging kelapa yang mengandung asam laurat juga membantu membasmi bakteri dari usus. 

Nutrisi dari kelapa dapat menghasilkan sebuah olahan minyak murni. Minyak tersebut meningkatkan kolesterol baik dan cocok untuk diet. Konsumsi minyak kelapa dapat meringankan resiko penyakit jantung.

Manfaat Buah Kelapa

pixabay
1. Sakit ketika haid

Air kelapa dapat membantu mengurangi sakit saat haid. Ambillah kelapa hijau sekitar 1 gelas dan gula aren 1 potong. Campur dua bahan tersebut hingga menyatu. Lakukan hal tersebut 3 hari berturut-turut. Minum 1 gelas 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Panas dalam

Jika mengalami panas dalam, cobalah dengan mengkonsumsi buah kelapa. Ambil 1 buah kelapa hijau, kemudian lubangi ujungnya serta telur ayam kampung mentah 1 butir. Masukkan telur ke dalam kelapa. Minum pada saat siang hari.

3. Gigi berlubang

Pada saat mengalami gigi berlubang, pasti akan sakit rasanya. Tapi tenanglah, coba konsumsi buah kelapa. Begini caranya, bakar batok kelapa. Ambillah menggunakan kapas minyak yang keluar dari bakaran. Kemudian gulung dan masukkan pada gigi yang lubang.

4. Keracunan

Kondisi keracunan ada baiknya diatasi dengan buah kelapa. Siapkan kelapa hijau dan lubangi. Konsumsi sampai habis.

5. Panas

Siapkan 1 gelas air kelapa muda dengan madu 1 sendok. Campur keduanya dan aduk. Orang dewasa bisa minum pagi dan sore 2 kali dalam sehari. Balita dapat minum ½ cangkir teh sama 2 kali sehari.

Itulah 2 buah yang manfaatnya bisa anda ketahui. Semoga manfaat buah bisa menjadi perantara atau obat dalam kesembuhan penyakit. Kandungan dari mengkudu dan kelapa tidak diragukan lagi. Pastikan anda mengkonsumsinya dengan baik. Semoga bermanfaat!    


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
manfaat buah