Ketahui Apa Saja Khasiat dari Blimbing Wuluh

Dermawan - Blimbing Wuluh atau Avverhoa blimbi yang termasuk dalam suku atau familia oxalidaceae  tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan laut. Anda juga dapat menemukannya di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung, namun cukup lembab.

Kebanyakan dikenal semua orang sebagai tanaman pekarangan, tumbuhan ini memang kurang menarik. Selama ini Blimbing Wuluh banyak dimanfaatkan sebagai manisan atau pelengkap bumbu masakan dan sirup.

Akan tetapi secara tradisional tanaman ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti sariawan, batuk, rematik, gusi berdarah, diabetes, gondongan, sakit gigi hingga tekanan darah tinggi.

Bagian apa saja yang biasa digunakan pada Blimbing Wuluh? Tentu tidak hanya buahnya, namun juga daun, batang serta bunganya. Beberapa bagian yang telah disebutkan itu banyak mengandung senyawa yang sangat berkhasiat.

Diantaranya yaitu glukosida, kalsium, saponin sampai tannin. Paling populer Blimbing Wuluh bermanfaat untuk menjadi obat sariawan. Hal tersebut karena konon katanya rasa masam pada buahnya mengandung vitamin C tinggi dengan cara dikunyah atau ditempelkan pada tempat yang sariawan.

Bilmbing Wuluh juga memiliki khasiat sebagai obat sesak nafas atau asma. Bisa dengan merebus bunga Blimbing Wuluh dengan gula batu dan air. Kemudian minum 2 sampai 3 kali sehari hingga asma serta alergi sembuh. Batuk kering juga dapat diatasi dengan Blimbing Wuluh karena kandungan kalium dapat melancarkan dahak dan menurunkan panas.

Adapun beberapa khasiat dari Blimbing Wuluh yang dapat anda ketahui sebagai berikut.

1. Panu

Caranya yaitu dengan mencuci terlebih dahulu Blimbing Wuluh 10 buah kemudian digiling. Kapur sirih ditambahkan sebesar biji asam, lalu diremas hingga rata. Ramuan ini dapat digunakan untuk menggosok kulit yang terkena panu. Lakukanlah 2 kali dalam sehari.

2. Diabetes

Pada penderita diabetes dapat melakukan cara ini dengan menyiapkan Blimbing Wuluh sebanyak 6 buah lalu dilumatkan. Rebus dengan segelas air hingga air tinggal setengah. Kemudian saring dan minum 2 kali dalam sehari.

3. Pegal Linu

Ambil daun Blimbing Wuluh yang masih muda sebanyak 1 genggam, 15 biji lada, 10 biji cengkeh, lalu digiling sampai halus serta tambahkan cuka secukupnya. Berikan pada tempat yang terasa sakit.

Baca juga : 

4. Gondongan

Bagi anda yang ingin mengobati sakit gondongan ikuti cara berikut ini yaitu ambil ½ genggam daun Blimbing Wuluh. Tumbuk dengan 3 bawang putih. Setelah itu, kompres pada bagian gondongan.

Cara lainnya yaitu siapkan 10 ranting Belimbing Wuluh  beserta daunnya dan 4 bawang merah lalu cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Balurkan kepada bagian yang sakit.

5. Jerawat

Khasiat Blimbing Wuluh bagi yang sedang memiliki jerawat, begini caranya siapkan Blimbing Wuluh 3 buah yang segar. Cucilah sampai bersih lalu parut serta diberi garam sedikit. Setelah itu dapat ditempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal ini 2 kali dalam sehari.

Cara berikutnya, ambil Blimbing Wuluh secukupnya dan cuci serta tumbuk hingga halus. Remaslah dengan air garam secukupnya. Gosokkan pada kulit yang berjerawat dalam 3 kali sehari.

Anda juga dapat melakukan cara ini dengan menyiapkan Blimbing Wuluh 6 buah serta ½ sendok teh bubuk belerang. Giling sampai halus serta remas dengan air jeruk nipis 2 sendok makan. Ramuan tersebut dapat digunakan untuk melumas serta menggosok wajah yang berjerawat. Anda dapat melakukannya 2 sampai 3 kali sehari.

Demikian informasi sedikit mengenai khasiat Blimbing Wuluh. Mungkin dapat membantu anda dalam mengatasi beberapa rasa sakit yang dirasakan seperti contoh di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.


Sumber :

TR, Sekar. 2011. Manfaat Buah-buahan di Sekitar Kita. SIKLUS Hanggar Kreator. Yogyakarta.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
23 Komentar :
  • Muhno
    Muhno 17 April 2021 16.14

    Wah baru tau bisa ngatasi sesak nafas

  • Ilalang Al Bantani
    Ilalang Al Bantani 17 April 2021 18.33

    Kalau di Serang, buah satu ini cocok banget buat bikin gerem asem bebek.. ihhh mantap pkoknya..sedap pool

  • Jalil Murtadho
    Jalil Murtadho 17 April 2021 18.57

    Kalau di tempat sya, suka dijadikan bumbu penyedap buat masakan sayur asem..

  • Yiyin Alfiati
    Yiyin Alfiati 17 April 2021 19.54

    Memang buah yg diciptakan oleh Allah banyak manfaat

  • Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi..
    Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi.. 17 April 2021 23.23

    Sangat bermanfaat kak

  • Perd.Art
    Perd.Art 18 April 2021 03.42

    Ini buah asem banget...saya pernah nyoba

  • G.L
    G.L 19 April 2021 18.13

    Baru tau nih gan blimbing bentuk nya kaya gitu

  • elinotes
    elinotes 19 April 2021 18.50

    belimbing ini rasanya asem banget, baru tahu nih bisa buat obat diabetes

  • Kang Tahu
    Kang Tahu 19 April 2021 20.57

    Banyak juga ya manfaatnya

  • Mochamad Riski Wardana
    Mochamad Riski Wardana 19 April 2021 21.34

    Dimasak sama sayur asem atau garang asem dari solo pasti enak tuh....

  • Pena Biru✍️
    Pena Biru✍️ 22 April 2021 21.37

    Udah susah nyarinya

  • Moch. Ferry Dwi Cahyono
    Moch. Ferry Dwi Cahyono 23 April 2021 18.31

    Makin terasa manfaatnya

  • Mufidah Azzahra
    Mufidah Azzahra 23 April 2021 22.39

    Menarik kak,, jangan lupa mampir dan follow ya katakitaini.blogspot.com

  • Moch. Ferry Dwi Cahyono
    Moch. Ferry Dwi Cahyono 25 April 2021 18.27

    Terasa manfaat untuk kesehatan manusia

  • Darmaji Nss
    Darmaji Nss 27 April 2021 19.16

    Blimbing ini ternyata banyak manfaatnya ya

  • Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi..
    Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi.. 1 Mei 2021 00.41

    Sangat bermanfaat mas ,

  • YIP
    YIP 7 Mei 2021 20.52

    mantap buat obat jerawat dan panu nih

  • Aditya Nirwana
    Aditya Nirwana 7 Mei 2021 21.28

    kalo g salah bunganya jg bisa buat obat batuk ya kang?

  • Moch. Ferry Dwi Cahyono
    Moch. Ferry Dwi Cahyono 5 Juni 2021 18.19

    Terasa manfaat untuk kesehatan manusia

  • Yusuf Abdulloh
    Yusuf Abdulloh 9 Juli 2021 22.17

    mantap buat ngerujak siang2..

  • Wenti Indrianita
    Wenti Indrianita 14 Juli 2021 04.50

    Tiap bahan makanan ciptaan Allah punya manfaatnya ya. Selama ini tahunya buat bahan masak aja. Hehe

  • sri wahyuni
    sri wahyuni 30 Juli 2021 18.50

    Buat sayur asem enak banget sih belimbing wuluh tu. Seger banget.

  • Yusuf Abdulloh
    Yusuf Abdulloh 18 Agustus 2021 19.41

    udah g pernah nemu buah ini. paling enak dimakab sama garem siang2 sama man-teman..

Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
manfaat buah