10 Tips Merawat HP Android agar Tahan Lama, Awet dan Tidak Cepat Rusak


Teknologi semakin canggih, tentu saja membuat masyarakat ikut dalam setiap perkembangannya. Apalagi internet dan media sosial semakin memperbarui kualitasnya, begitu juga kita sebagai manusia pasti tidak mau ketinggalan.

Salah satu teknologi yang selalu berkembang pesat yaitu smartphone. Dari waktu ke waktu ponsel jadul mulai ditinggalkan, walaupun masih banyak juga yang menggunakannya.

Canggihnya smartphone berguna juga untuk merubah pola pikir kita semua. Keinginan untuk selalu upgrade ponsel yang lebih canggih biasanya menjadi suatu hal yang tak bisa ditunda.

Itulah mengapa perlunya kita merawat HP agar tidak cepat rusak, meskipun anda ingin selalu update ponsel yang kualitasnya lebih baik setiap tahunnya. Tak ada ruginya untuk merawat HP yang anda pegang. Siapa tau nanti dapat dijual dengan harga tinggi, sebab HP tersebut sudah dirawat dengan baik.

Anda mungkin akan menjual sesuai harga pasar, namun karena HP tersebut masih bagus dan mulus bisa saja pembeli menyetujui harga tinggi yang anda tawarkan. Nah, untuk membeli HP baru tak perlu menambah uang begitu banyak, kan?  Kalau begitu, yuk kita pahami beberapa cara merawat HP Android agar tahan lama atau awet.

1. Jangan Gunakan HP Saat di-Charger

Tips yang pertama agar HP awet yaitu sebaiknya anda tidak menggunakannya saat mengisi baterai. Lebih baik HP dimatikan untuk menghindari hal yang tidak-tidak seperti panas berlebihan saat di-Charger bersama main game. Ingat! Apabila ingin ponsel awet jangan sampai membuat baterai cepat rusak.

2. Beri Tempered Glass

Anda gunakan pelindung layar atau tempered glass sesuai dengan type ponselnya. Hal tersebut akan membuat laya awet dan terjaga. Apabila HP terjatuh, layar tidak akan retak karena ada pelindungnya. Selain itu, layar akan terhindar dari goresan kuku dan debu.

3. Beri Case

Disarankan untuk anda gunakan Case untuk melindungi belakang ponsel. Hal ini juga menghindari apabila HP jatuh atau tertindih saat tidur. Kadang juga ada yang sudah menggunakan Case, namun masih tetap rusak. Paling tidak body ponsel tidak rusak permanen.

4. Gunakan Aplikasi Pembersih

Rawat HP anda dengan aplikasi pembersih. Biasanya aplikasi tersebut sudah ada atau bawaan dari ponsel. Sering-seringlah membersihkan sampah atau mungkin juga virus yang ada di HP anda. Hal tersebut akan membuat HP lebih ringan dan tahan lama tentunya tidak slow respon.

5. Update Aplikasi

Lakukan update aplikasi ke versi terbaru. Mungkin anda pernah melihat notifikasi dari salah satu aplikasi agar diperbarui. Hal itu perlu anda lakukan untuk meningkatkan keamanan, menambah performa, menambah fitur baru, serta perbaikan dari aplikasi itu sendiri.

Hubungannya dengan merawat ponsel yaitu akan ada pelindung dari versi virus terbaru apabila selalu mengikuti update aplikasi. Selain itu anda dapat menggunakan aplikasi lebih aman dan nyaman.

6. Jangan Taruh Dekat Medan Magnet

Kebiasaan kita mungkin menaruh HP sembarangan. Dengan mudahnya menaruh di atas televisi, kulkas, logam atau sebagainya. Jika anda ingin ponsel tahan lama dan tidak cepat rusak, lebih baik hindari hal tersebut. HP jika dekat dengan medan magnet bisa juga merusak speaker.

7. Perbarui Sistem

Sama halnya dengan memperbarui aplikasi. Anda juga harus memperbarui sistem android, fungsinya cukup banyak salah satunya yaitu agar HP tidak lemot. Selain itu juga membuat kinerja ponsel lebih baik.

8. Simpan di Tempat yang Aman

Anda perlu menyediakan tempat khusus ponsel saat tidak digunakan. Sebab ponsel sangat sensitif, jika terkena air, tersenggol dan jatuh maka semua itu akan membuat HP anda memiliki umur yang pendek. Perhatikan ponsel anda selalu aman dimana saja. 

9. Penggunaan Berlebihan

Anda pasti pernah menggunakan smartphone terlalu berlebihan. Hingga menyebabkan HP panas. Anda perlu menghentikan pemakaian bila itu terjadi. Sebab terlalu sering ponsel dengan suhu tinggi dapat mengakibatkan umur baterai pendek. Selain itu, baterai menjadi cepat habis. Hal itu dapat merusak kualitas ponsel anda.

10. Charger Ori

Sering kali kita menggunakan charger sembarangan. Biasa beli charger kw atau abal-abal juga membuat HP tidak awet. Mengapa tidak boleh? Karena charger kw kualitasnya sangat jauh berbeda dengan yang ori. Baiknya anda membeli charger ori, walaupun mahal yang penting HP tetap awet dan tidak mudah rusak.

Demikian pembahasan kali ini tentang beberapa tips merawat HP agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam menjaga keamanan serta kualitas ponsel anda. Selamat Mencoba!


Baca Juga:
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
5 Komentar :
  • Neztra
    Neztra 18 Juli 2021 00.07

    Bukankah hp itu ada masa umurnya ya?
    Tapi thanks banget yah tipsnya, bakal di praktekin😁👍

  • InfoQu
    InfoQu 23 Juli 2021 20.36

    Aku sering banget sembarangan kalau pake hp :(

  • Kolase
    Kolase 30 Juli 2021 18.15

    Tips ini bisa membantu seperti saya merawat gawai dengan baik

  • Mualimah
    Mualimah 30 Juli 2021 20.36

    Siap apply deh

  • Wenti Indrianita
    Wenti Indrianita 31 Juli 2021 04.42

    Bener banget sih. Terutama harus distop penggunaan hp kalau ud mulai panas.

Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Trik dan Tips