Buah Apel yang Menggoda, Yuk Ketahui 7 Manfaatnya



Buah apel umumnya memiliki warna merah ketika masak atau sudah siap dimakan, tetapi terkadang berwarna kuning atau bisa juga hijau. Apel pertama kalinya ditanam di Asia Tengah.

Hingga saat ini buah Apel terus berkembang di berbagai dunia, apalagi yang musimnya dingin. Bahasa latin Malus Domestica menjadi nama ilmiah sebuah pohon Apel. Malus Sieversii yang berasal dari Asia Tengah merupakan keturunan Apel Budidaya.

Sebagian genom merupakan dari Malus Sylvestris (apel liar atau apel hutan). Biasanya apel bagus dikonsumsi mentah-mentah atau secara langsung.

Segala jenis apel juga biasa menjadi hidangan acara pesta. Apel juga dapat anda olah menjadi saus, selain itu bisa menjadi minuman seperti sari dari buah Apel.

Apel yang ranum serta warna merah selalu menggugah selera yang memandangnya. Buah ini juga disebut sebagai buah terlarang dan sensual karena memiliki daya tarik yang berbeda. Luar biasanya lagi buah Apel membawa banyak manfaat bagi kesehatan kita seperti berikut ini.

1. Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Gigi

Apel yang memiliki kandungan tanin, zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah suatu kerusakan pada gigi periodontal. Penyakit itu disebabkan oleh bakteri yang sudah menempel dan terbentuknya plak (Journal of American Dental Association 1998).

2. Manfaat Buah Apel sebagai Penurun Berat Badan

Apel ternyata merupakan sumber serat yang cukup baik, buah ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan serta baik untuk pencernaan. Apel juga merupakan buah yang cocok menjadi camilan bagi yang ingin menurunkan berat badannya. Sebab kadar seratnya yang tinggi dan bisa mencegah rasa lapar yang datang lebih cepat.

3. Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan

Kandungan boron yang terdapat pada Apel telah terbukti bisa membantu wanita dalam mempertahankan kadar hormon esterogen ketika menopause. Arti dari mempertahankan hormon tersebut dapat mengurangi gangguan yang penyebabnya karena tidak seimbangnya hormon saat menopause. Contohnya seperti depresi, osteoporosis, semburan panas, penyakit jantung dan nyeri.

4. Manfaat Buah Apel Sebagai Pelindung Tubuh dari Virus Flu

Publikasi yang telah dikeluarkan oleh Konowalchuck tahun 1978 tentang efek dari antivirus pada minuman sari buah Apel. Serangan infeksi virus bisa dilawan oleh sari Apel yang baik ini. Sebab karena itulah kekebalan tubuh serta stamina dapat meningkat berkat mengkonsumsi sari Apel.

5. Manfaat Buah Apel Untuk Cegah Stroke dan Sakit Jantung

Telah dicatat oleh British Medical Journal tahun 1996, Apel ini terbukti dapat mencegah serangan stroke. Selain itu, ditunjukkan oleh Publikasi penelitian di Finlandia tahun 1996, insiden penyakit jantung akan rendah bagi orang yang memiliki pola makan kaya flavonoid.

6. Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Paru-paru dan Cegah Kanker

Zat flavonoid yang terkandung dalam Apel telah terbukti menurunkan resiko kanker paru-paru hingga mencapai 50% menurut National Cancer Institute di AS. Ditemukan juga oleh penelitian dari Comell University AS bahwa kandungan zat fitokimia dari kulit Apel membuat pertumbuhan kanker usus sebesar 43% terhambat.

7. Manfaat Buah Apel Dapat Turunkan Kadar Kolesterol

Apel yang dikenal memiliki kandungan fitokimia, zat antioksidan yang lebih efektif dalam melawan kolesterol jahat. Ditulis oleh Life Science (1999), selain turunkan kadar kolesterol jahat dapat meningkatkan kadar dari kolesterol baik anda. asam D-glucaric serta pektin dalam buah Apel juga telah berjasa membuat kadar kolesterol jahat di tubuh bisa menurun.

Nah, itu dia 7 manfaat dari buah Apel, namun masih banyak lagi sejuta manfaat dari buah ini. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu kita mengenai buah yang menggoda satu ini. Tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Salam Sehat!


Sumber :

TR, Sekar. 2011. Manfaat Buah-buahan di Sekitar Kita. SIKLUS Hanggar Kreator. Yogyakarta.



Baca Juga:
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
manfaat buah